Kamis, 05 Desember 2019

Storytelling Lewat Kartu Berkisah

Semenjak jualan buku dan mainan edukasi, alhamdulillah di rumah punya tambahan amunisi buku dan mainan. Walau penggunaannya masih belum maksimal. Saya masih harus belajar terus membagi waktu.

Ada satu mainan berupa kartu, namanya kartu berkisah. Berisi gambar-gambar karakter, tokoh, tempat, keadaan, dan sebagainya sebagai bahan untuk bercerita. Saya sisihkan satu di rumah untuk amunisi kegiatan anak-anak. saya ingat, Naura biasanya suka bercerita.

Ternyata benar, saat saya keluarkan kartu-kartu tersebut, dia senang sekali. Naura, Ardi, ditemani Lea waktu itu asyik bermain dengan kartu berkisah sampai sore. Awalnya mereka yang akan memilih kartu, lalu saya bercerita dengan menggunakan kartu-kartu tersebut. Selanjutnya, mereka memilih sendiri dan menyampaikan ceritanya sendiri-sendiri.

Cerita yang mereka sampaikan, ada yang merupakan kisah para shahabat, ada pula kisah fiksi karangan mereka sendiri. Pada kegiatan ini, Naura dan Lea menunjukkan kemampuan bercerita yang baik. Naura memiliki kosakata yang jauh lebih banyak, dan cerita yang lebih runut. Sedangkan Lea, walau ceritanya masih belum runut, namun kemampuan menyampaikannya juga baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar